“BEDA PEDE DENGAN NEKAT”


“BEDA PEDE DENGAN NEKAT”

By : Resawati
Mahasiswi Akuntansi UNP 2012

          Remaja zaman sekarang mah pada lebay-lebay semua. Setiap mau ulangan, seperti bahasa inggris, belum apa-apa udah pucat dan keluar keringat dingin. Diminta jadi wakil sekolah dalam lomba cerdas cermat, perut dah langsung mules. Apalagi disuruh pidato di atas panggung saat acara perpisahan, pastinya dia bilang “jangan aku deh..!!”
          Gimana sih,,??!! Gitu aja dah nyerah. Dasar anak mami..!! Kapan majunya ni bangsa kalau generasi mudanya udah pada nyerah duluan.
          Kalau kamu seperti itu, artinya kamu sedang kena “virus” minder alias nggak percaya diri. Kamu pernah nonton sinetron “Kecil-Kecil Jadi Manten” nggak,,?? Disitu ada tokoh kebalikan si Rohaye (alias cewek tomboi) bernama Onky. Nah, tokoh si Onky itulah yang disamping “kewanitaannya”, manjanya amit-amit banget sama ibunya. Ke sekolah minta dianterin, makan disuapin, panas hujan dipayungin, naik ojek harus diapit sama ibunya, dan banyak lagi deh yang lainnya. Waduh... orang seperti dia mah bisa bikin orang jadi gemes dan sedikit kesel siih.
          Onky adalah sosok yang menunjukkan potret orang yang nggak mempunyai sikap “pede” alias nggak percaya diri. Dia nggak pede terhadap dirinya sendiri (laki-laki atau perempuan), nggak pede terhadap kemampuannya sendiri dan nggak pede terhadap situasi lingkungannya sendiri.
          Hello sob.... itu kan cuman di sinetron doank. Emang bener sih, tapi paling tidak menggambarkan kepada kita bahwa memang ada orang yang kehilangan pede total. Orang yang kurang atau hilang rasa pede-nya biasanya sulit untuk maju dan lambat laun akan ditinggalkan oleh teman-temannya yang pede abis...!!
          So,, untuk pede bukan sekedar punya modal berani, tapi juga kecerdasan. Nggak percaya,,???!! Coba saja kamu perhatikan mana artis TV yang hanya bermodalkan nekat tanpa dibarengi kemampuan aktingnya yang bagus. Artis yang hanya bermodalkan nekat, pasti nggak lama lagi akan tenggelam. Sedangkan artis yang dibarengi dengan kemampuan, akan diperhitungkan oleh banyak orang dalam waktu lama. Contohnya siapa hayyoo...??? Cari sendiri aja yaaa,,,
          Menurut sebuah penelitian, konon kabarnya mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri sebenarnya nggak kalah pintar dengan mahasiswa asing alias bule. Tapi kalau bicara keaktifan bertanya di kelas (yang banyak mempengaruhi nilai), mahasiswa kita selalu kalah cepat.
          Atau kalau diminta mempresentasikan makalah, muka mereka akan pucat pasi. Pasalnya, mereka selalu mereka selalu nggak pede untuk bertanya pada dosen dalam bahasa asing. Nggak pede dengan kemampuan menyampaikan hasil pemikirannya pada orang lain. Mampu sih mampu, tapi nggak pede. Jadi gimana dong,,??
          Para ahli mengatakan bahwa sumber pede sebenarnya datang dari dalam diri kamu sendiri. Jadi nggak bakalan tuh kamu temui di toko obat manapun. Pede sebenarnya adalah cerminan sikap, dan itu bisa kok dilatih. Asalkan ada niat dan sikap disiplin yang baik, pasti kamu bisa...!!



          Berikut ada beberapa tips agar bisa jadi pede atau percaya diri ni sob... pahami bener yaa,, ^_^
1.    Belajar jadi orang yang bisa diandelin
Maksudnya, kamu kudu’ belajar cepat berfikir dalam mengambil keputusan. Jangan plintat-plintut alias plin-plan ya sob..
2.    Nggak suka bikin kaget
Maksudnya ,kalau punya rencana, nggak pernah dibikin mendadak. Artinya, kamu belajar jadi orang yang selalu mempertimbangkan segala sesuatunya masak-masak. Sehingga dapat memperkecil resiko  kegagalan jika rencana tidak terlaksana. Kamu bisa mengevaluasinya karena rencana yang dibikin itu sudah jelas step by step.
3.    Empatik
Artinya kamu peduli dengan orang lain, dan tidak egois dengan hanya memikirkan diri kamu sendiri.
4.    Mengutamakan kepentingan bersama
Nah, orang seperti ini biasanya selalu minta pendapat orang-orang yang dipercaya. Dan sebelum melangkah, juga selalu memikirkan baik buruk setiap tindakannya.
So,,,, sebenarnya sumber pede adalah kita sendiri, dengan kita telah mempersiapkan setiap ide dan rencana kegiatan yang akan kita lakukan dengan matang. Sehingga berdampak positif pada diri kita dan semua orang yang terkait hal itu.
Gimana sob,,,, Bisa diterima kan...???! ^_^

Komentar

Postingan Populer