PENGALAMAN IKUT TES CPNS

Bismillahirrahmaanirrahiim...... ^_^

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh....


            Bagaimana kabar teman-teman semuanya pejuang NIP..?? Saya doakan semoga sehat selalu ya dan selalu berada di bawah lindungan Allah SWT..... Amin :-) Alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan untuk mengikuti tes cpns di tahun 2020 ini, yang merupakan tes ke-3 kalinya yang saya ikuti... Hhmm... dan hasilnya alhamdulillah saya lulus PG dengan skor 345...
         Namun, itu belum tentu saya lanjut ke SKB.. Tapi saya selalu bersyukur dengan apa yang saya peroleh. Harapan saya nantinya saya masuk ke rangking jumlah 3 kali formasi agar bisa lanjut ke SKB. Amin ya Rabbal 'Alamin..
           Baiklah teman-teman, saya akan sharing pengalaman saya selama mengikuti tes cpns tahun 2020 ini. Kebetulan saya mengambil formasi di Pemkab Inhu Prov. Riau. Memang banyak pelamar yang lain mengambil formasi disana, sebab banyak yang berfikir kalau mengambil daerah pelosok, maka jumlah pesaing saya sedikit. Ternyata, saya salah kaprah selama ini. Dengan aturan sekarang yang tidak dimunculkan berapa jumlah pesaing di situs sscasn.bkn.go.id, maka kita tak bisa melihat berapa jumlah pesaing dan tak bisa melihat peluang mana yang lebih besar kita lulus. Setelah dicek dan keluar hasil tes administrasi, ternyata banyak pelamar yang mengambil daerah pelosok, dengan harapan sedikit pesaingnya.
        Begitu saya lihat hasilnya, ternyata formasi ditempat saya yang paling banyak jumlahnya di dalam Pemkab tersebut. Wawww, saya hanya bisa kaget dengan jumlah saingan saya nanti. Tapi, itu tak membuat saya patah semangat untuk bisa lulus dan menjadi ASN tahun ini. 
            Jauh-jauh hari, saya mempersiapkan diri dengan belajar dan terus belajar di sela-sela kesibukan pekerjaan saya. Pagi, siang bahkan malam, ketika ada waktu senggang, saya selalu berlatih mengerjakan soal-soal TO dan latihan lainnya. Saya juga mendownload video trik cepat untuk mengerjakan soal TWK, TIU dan TKP. Saya tak pantang menyerah, saya terus belajar dan belajar sampai saya benar-benar lelah. Dalam pikiran saya bagaimana bisa lulus dan membuat kedua orangtua saya bahagia dan bangga dengan saya. 
           Hari terus berlalu dan hari yang ditunggu itupun tiba. Kebetulan daerah yang saya ambil itupun jauh, maka saya berencana untuk merental mobil bersama dengan pacar dan teman kuliah saya yang juga mengambil daerah yang sama dengan saya. Saya sangat sangat bersyukur punya pasangan yang sangat mensupport saya ketika saya lelah dan ingin putus asa. Juga, saya tak lupa menelpon orangtua saya untuk meminta restu agar dimudahkan semuanya. Sebab segala sesuatu itu harus disertai dengan restu orangtua.
         Teng...... setelah semua selesai registrasi, akhirnya test pun dimulai. Saya sangat gugup, lapar dan mengantuk, sebab saya hanya tidur kurang lebih 2 jam. Perjalanan yang sangat jauh membuat saya susah tidur di dalam mobil. Saya menyesal kenapa tidak tidur selama perjalanan di dalam mobil. Yang pada akhirnya membuat konsentrasi saya terganggu.
            Jujur yang teman-teman, soal yang saya dapatkan sebenarnya sangat mudah, mulai dari TWK, TIU dan TKP. Hanya saya yang kurang konsentrasi dan kurang tidur istirahat sebelum test. Jadi saran saya kepada teman-teman yang ingin ikut tes cpns, istirahatlah yang cukup, makan yang kenyang dan jangan lupa berdoa sebelum memulai tes. Sebab hal kecil seperti tidak makan atau sarapan akan mempengaruhi konsentrasi dalam menjawab soal-soal.
          Saya akan terus berusaha agar impian saya menjadi ASN bisa terwujud. Sekarang saya hanya bisa berdoa semoga saya masuk ke atahap selanjutnya. Amin..... ^_^
           
 
Salam hangat, Resa ^_^ pejuang NIP ^_^
Semoga ada jalan untukku bisa menjadi ASN... Amin Ya ALLAH.. ^_^ 

 

Komentar

Postingan Populer